DPW DKI Jakarta dan Depok

Milenial Mengaji Sukses Diadakan, 4 Cara Berjihad bil Qur’an Terungkap

0 65

WAHDAHJAKARTA.COM,  JAKARTA–Berbeda dengan kajian-kajian sebelumnya, pada Ahad (22/8/2021), DPW Wahdah Islamiyah berkerjasama dengan DPD-DPD di bawahnya mengadakan kajian virtual bertemakan “Milenial Mengaji”. Kajian yang menyasar anak muda ini dihadri kurang lebih 57 peserta.

Adanya dukungan WIZ (Wahdah Inspirasi Zakat) sebagai sponsor utamanya ikut meramaikan acara yang diisi oleh Ustadz Topan Setiadipura, Ph.D sebagai pemateri tunggal. Acara berlangsung sekitar 2 jam kurang lebih, diselingi dengan berbagai kuis dari panitia untuk memancing semangat peserta mengikutinya. Para peserta pun antusias mengikuti acara ini sampai selesai dan aktif bertanya dan menjawab pertanyaan.

Ustadz Topan selaku narasumber banyak memberikan pencerahan kepada peserta melalui pengalamannya dalam belajar menghafalkan Al Quran. Da’i muda yang merupakan lulusan S3 Teknik Nuklir di Tokyo Institute of Technology awalnya banyak belajar dengan teman-teman kuliahnya mengenai cara menghafalkan Al Quran.

Dalam pemaparan materinya, Ustadz Topan menekankan pada pentingnya berjihad dengan Al Quran. “Dibalik belajar itu, kita gunakan juga istilah berjihad dengan Al Qur’an, mengapa? karena itu tidak mudah, sekedar membacanya saja terkadang merasa malas, terkadang banyak hal lain yang menggoda kita,” ujarnya.

Lebih lanjut Ustadz Topan menyimpulkan ada 4 cara berjihad dengan Al Quran yaitu: tilawah, tadabbur, tahfidz, dan terakhir mengamalkan dan mengajarkannya. Point penting lainnya dari kajian ini membahas tentang pentingnya belajar Al Quran, membagi waktu, dan belajar kepada guru.

Ardi Subardi (22), salah seorang peserta menyampaikan terimakasihnya kepada WIZ dan Wahdah Islamiyah atas terselenggaranya acara ini dan terkesan dengan materi yang disampaikan pemateri serta berharap kajian ini selalu diadakan.

“Tidak hanya mendapat Ilmu tentang Al-Quran saja, tapi di kajian itu kita diberi tahu bagaimana hak dan adab kita terhadap Al Quran, mentadabburi, serta kami diajarkan bagaimana metode menghafal serta tips meluangkan waktu di saat sibuk, dan saya berharap kajian ini terus ada dan semakin banyak orang yang mendapat manfaat dari kajian ini.
Terima kasih WIZ dan Wahdah Islamiyah atas acara yang luar biasa ini,” ungkapnya, Senin (23/8). [rsp]

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: