DPW DKI Jakarta dan Depok

Nikmati  Indahnya Malam-Malam Ramadhan Bersama Al-Qur’an

0 217

Keutamaan Bulan Ramadhan [1]: Ramadhan Bulan Al-Qur'an 

 

Mari nikmati indahnya malam-malam Ramadhan bersama Al-Qur’an . Semoga memperoleh syafa’atnya di hari kiamat kelak

Wahdahjakart.com| Kebanyakan orang mengira bahwa membaca Al-Qur’an pada siang hari Ramadhan saat bepuasa lebih afdhal. Yang benar adalah bahwa keutamaan (fadhl) berkaitan dengan Ramadhan secara keseluruhan, dan yang paling afdhal sepanjang Ramadhan adalah waktu malamnya. Malaikat Jibril ‘alaihissalam datang kepada Nabi shallallahu ‘alahi wa sallam lalu mudarasah Al Qur’an bersama beliau.

Renungkanlah hubungan yang erat antara waktu malam dengan Al Qur’an dalam ayat yang banyak, dan hal itu lebih tegas pada bulan Ramadhan; Bacalah firman Allah;

Sesungguhnya kami telah menurunkan al Qur’an pada malam kemuliaan” (al Qadr;1).

Sesungguhnya kami telah menurunkan al Qur’an pada malam yang penuh berkah” (ad Dukhan;1)

Dan bacalah al Qur’an pada waktu fajar, sesungghnya (bacaan) Al Qur’an pada waktu fajar disaksikan (Malaikat)”. (Al Isra;78)

Shalatlah pada waktu malam”

Hubungan antara malam dan Al Qur’an sangat erat sekali, karena pada malam hari suasana tenang, tentram, dan jiwa dalam keadaan teduh.

Apakah anda telah menghabiskan malam-malammu pada bulan Ramadhan bersama Al Qur’an dengan membaca dan mentadabburinya seperti para salaf. (Syekh. Prof. DR. Nashr bin Sulaiman al-Umar). [sym].

Sumber: Grup Whatsapp Muassasah Muslim (02/07/2015).

Artikel: wahdah.or.id

=====================================================

Syekh Prof. DR. Nashr bin Sulaiman al-Umar adalah Pendiri dan mantan Sekretaris Jenderal Ikatan Ulama Muslim Sedunia dan Pendiri sekaligus Ketua Lembaga Tadabbur al-Qur’an Internasional. Beliau juga pendiri dan pemimpin Muassasah Muslim dengan websitenya almoslem.net.  Silsilah mutiara nasehat ini diambil dan diterjemahkan dari Whatsapp Muassasah Muslim yang beliau pimpin.

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: