DPW DKI Jakarta dan Depok

Pemimpin Itu Pelayan

0 248

Pemimpin Itu Pelayan

Pemimpin Itu Pelayan

Yahya bin Akhtsam menceritakan,  suatu hari ia menginap di rumah Ma’mun rahimahullah. Suatu saat ia haus di tengah malam. Ia pun bangun mencari air dan minum.  Lalu,  Ma’mun melihatnya dan berkata, “Wahai Yahya,  ada apa denganmu, mengapa engkau belum tidur?” Yahya menjawab, “Wahai Amirul Mu’minin,  demi Allah,  aku sangat haus sekali.” Lalu Ma’mun berkata padanya,  “Kembalilah ke tempat istirahatmu.”

Setelah itu,  Ma’mun pun bangun dan pergi ke dapur dan mengambil tempayan air,  lalu datang kepada Yahya bin Akhtsam dan berkata, “Wahai Amirul Mu’minin. Kenapa tidak pelayan Anda saja yang mengambilkan?”  Ma’mun menjawab,  “Mereka tidur,”  Yahya pun berkata, “Sebenarnya saya tadi sudah bangun dan minum”, lalun Ma’mun berkata,  “Teramat buruk seseorang yang menjadikan tamunya sebagai pelayannya”.

Lalu Ma’mun berkata kepada Yahya,  “Wahai Yahya”,  Yahya menjawab, “Labbaika ya Amiral Mu’minin”,

“Bolehkah aku mengatakan sesuatu padamu?” kata Ma’mun.  Yahya pun mengiyakan,  dan Ma’mun melanjutkan,  “Ririwayatkan padaku Ar-Rashid,  dari Al-Mahdi,  dari Al-Manshur,  dari bapaknya bahwa Ibnu Abbas berkata,  “Dikabarkan padaku oleh Jabir bin Abdillah ia berkata,  bahwasanya aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

سيد القوم خادمهم

Pemimpin suatu kaum adalah pelayan mereka“.

(Al Muntadhim,  10/26, Hayatus Salaf bainal Qaul Wal Amal:326).

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: