DPW DKI Jakarta dan Depok

Pemprov DKI Kirim Tim Psikososial ke Lombok NTB

0 150

(Jakarta) wahdahjakarta.com— Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengutus tim Psikososial ke Lombok Nusa Tenggara Barat. Tugas dari tim ini adalah memulihkan kondisi psikososial masyarakt Lombok NTB pasca bencana.

Tim dilepas secara resmi oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada Kamis (24/10/2018).

“Bismillah, hari ini melepas Tim Psikososial Pemprov DKI Jakarta berjumlah 22 orang untuk membantu pendampingan pasca bencana yang terjadi di Lombok-NTB. Dengan misi membantu para penyintas (survivor) bencana dapat kembali kepada rutinitas dan kondisi psikososial seperti sebelum bencana terjadi”, ujar Anies melalui fan page resmi.

Menurunya pengiriman tim psikososial ini pentinga karena  fase tanggap darurat mendapat perhatian paling besar dari pemerintah, media dan publik. Sedangkan fase pemulihan sesudah fase tanggap darurat selesai seringkali terlewat, padahal kejadian bencana itu seringkali traumatis. Demikian juga masa-masa yang dilewati oleh penyintas sesudahnya untuk bangkit kembali.

 “Kami ingin membantu untuk jangka yang lebih panjang,” jelas mantan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini.

Tim ini terdiri atas Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI), Badan Penanggunggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Sosial (Dinsos), Pemadam Kebakaran  (Damkar), dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

HIMPSI Jakarta menyertakan lima psikolog yang berpengalaman di daerah bencana untuk bergabung di tim bersama jajaran dari BPBD, Dinkes, Dinsos, Damkar dan Satpol PP.

Ia mengungkapkan bahwa para psikolog ini nantinya juga akan membantu penyintas dan masyarakat sekitar untuk membangun kesadaran dan kemampuan psychological first aid yang diperlukan untuk ketahanan ke depan.

“Jakarta punya sumber daya dan kemampuannya, dan kita ingin meningkatkan kerjasama dan kepedulian antar Pemda. Dengan membantu daerah lain pun akan menjadi sarana peningkatan kemampuan dan pengalaman tim tanggap bencana Jakarta”, terangnya.

Anies berharap tim psikososial dapat memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat terdampak gempa Lombok NTB.

“Selamat bertugas, jaga kesehatan dan kondisi fisik dan psikologis, agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan sepenuh hati untuk Saudara-Saudara kita di sana”, pungkasnya.

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: