DPW DKI Jakarta dan Depok

Perabot Hanyut Disapu Banjir Warga Kramat Jati dan Kedoya Utara Dapat Bantuan dari Wahdah Islamiyah

Penyerahan bantuan secara simbolis dari relawan Wahdah Islamiyah kepada perwakilan warga
0 266

(Jakarta) Wahdahjakarta.com-, Senin (06/01/2020) Relawan Wahdah Peduli Jakarta Depok menyalurkan bantuan kepada warga terdampak banjir Jakarta di Kramat Jati  Jakarta Timur dan Kedoya Utara Jakarta Barat.

“Alhamdulillah hari ini (Senin) Wahdah Peduli menyalurkan bantuan untuk warga terdampak bencana banjir di dua lokasi, yakni Kelurahan Kramat Jati di Jaktim dan Kelurahan Kedoya Utara di Jakbar”, ujar koordinator Wahdah Peduli Jakarta Depok Arafah Syarifuddin.

Di kedua lokasi ini relawan Wahdah menyalurkan bantuan berupa sembako, pakaian layak pakai dan kompor.

Untuk diketahui Kelurahan Kramat Jati, khususnya RT 10 RW 11 dan Kelurahan Kedoya Utara RW 08 RT 01 termasuk wilayah terdampak banjir yang cukup parah. Banjir yang datang secara tiba-tiba disertai arus yang deras menyebabkan warga kesulitan menyelamatkan perabotan rumah.

“Gak nyangka banjirnya setinggi ini (sambil mengisyaratkan ke leher) dan sederas itu”, kata salah satu warga RT 01 RW 08 Kedoya Utara.

(BACA JUGA: Bersama Warga, Relawan Wahdah Bersihkan Lumpur Dampak Banjir)

“Arusnya sangat deras dan cepat, sehingga gak sempat evakuasi barang-barang”, ujar Arif menambahkan.

Menurut Ketua RT 01 warga yang rumanya bertingkat dua naik ke lantai dua sedangkan warga yang rumahnya tidak  bertingkat mengungsi ke tetangga yang rumahnya dua tingkat.

Penyerahan bantuan secara simbolis dari relawan Wahdah Islamiyah kepada perwakilan warga Blok VII RT 01 RW 08 Kedoya Utara 

“Tetapi barang-barang tidak dapat diselamatkan”, terangnya.

Kondisi serupa juga terjadi di Kelurahan Kramat Jati.

Seluruh RT yang berjumlah 12 di RW 11 Kramat Jati terdampak banjir sangat parah.

“Ada 12 RT di RW 11 yang terdampak banjir, mungkin karena posisi RW 11 yang terletak di pinggir Kali dan banjir yang datang mendadak” jelasnya Sutarjo Ketua RT 10.

Tidak kurang dari 900an warga RW 11 mengalami kerugian yang tidak sedikit. Perabotan rumah hanyut tersapu banjir dan rusak parah akibat tergenang lumpur.

Banjir yang datang secara mendadak menyebabkan sebagian besar warga terdampak kesulitan menyelamatkan barang-barang perabot rumah. Seperti penuturan seorang warga terdampak.

“Semua barang hanyut dan basah, tidak ada yang dapat diselamatkan”, tutur seorang ibu rumah tangga yang rumahnya terletak di pinggir kali.

Di Kramat Jati selain memberikan bantuan, relawan Wahdah juga membersihkan balai warga RT 10 yang tergenang lumpur. Usai bersih-bersih balai warga  relawan bertolak menuju Kedoya Utara guna menyerahkan bantuan berikutnya. []

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: