Persiapan Ramadhan, WIZ Jakarta Adakan Training Relawan WIZcare

0 79

Wahdahjakarta.com, Jakarta–Para peserta Training WIZCare sejumlah 21 orang dari berbagai daerah khususnya di Jabodetabek yang sudah mendaftar dan lulus seleksi akhirnya bisa mengikuti training pada Kamis – Jumat (24 – 25 Februari 2022) sebagai training perdana.

Training ini diisi oleh beberapa pemateri diantaranya adalah Yudi Wahyudi, Manajer LAZNAS WIZ (Wahdah Inspirasi Zakat) Jakarta, Ust. Zubeir Alam (alumni dari salah satu perguruan tinggi di Jepang), Ust.Fakhrizal Idris (alumni UIM Saudi Arabia).

Banyak materi yang disampaikan khususnya yang terkait perkembangan organisasi, manajemen bantuan, peningkatan etos kerja dan fikih amil.

“Kita belajar dari masyarakat Jepang, bagaimana mereka menghargai waktu, potensi sumber daya sehingga mereka begitu serius dalam menjalankan amanah tugas mereka,” tutur Zubeir yang memiliki banyak pengalaman dalam membangun kemitraan dengan berbagai komunitas di Bandung.

Pentingnya posisi amil dalam Islam dan dalil-dalil yang menunjukkan bahwa seorang amil itu memiliki keutamaan dan kemuliaan yang luar biasa serta hak dan kewajibannya dibahas secara detail oleh Ust. Fakhrizal sehingga peserta mendapatkan materi yang sangat mendasar bagi mereka guna mendapatkan kepastian hukum dari seorang amil.

Kemudian peserta mendapatkan materi tentang manajemen bantuan yang ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Materi yang disampaikan oleh Yudi selaku Manajer WIZ Jakarta mengungkapkan bahwa bantuan yang akan diberikan idealnya harus ada assesment, pemilahan penerima manfaat, skala prioritas, dan memilih dari sekian program itu yang memiliki basis kekuatan internal lembaga.

“Penyaluran bantuan tidak sesederhana yang dibayangkan karena akan melibatkan banyak hal dan sumber daya dengan kata kunci efektifitas dan efisiensi,” tuturnya.

Acara kemudian ditutup dengan penugasan pertama bagi para peserta yaitu mencari beberapa mustahik dalam kategori ‘fakir’ sehingga bantuan nanti akan disalurkan, dan peserta mengetahui siapa yang benar-benar tergolong fakir serta bagaimana efektifitas penyaluran bantuan yang akan diberikan ke penerima manfaat.[]

Leave A Reply

Your email address will not be published.