DPW DKI Jakarta dan Depok

Relawan Pulihkan Kondisi Warga Terdampak  Banjir dengan Trauma Healing

0 208

Wahdahjakartta.com -, Ratusan warga korban banjir Konawe Utara, tepatnya   di desa Mopute, Kecamatan Oheo, Kabupaten Konawe Utara (Konut) mengikuti trauma healing di lokasi pengungsian. Pemulihan trauma dilakukan agar anak-anak tidak terguncang atau tertekan jiwanya kibat bencana banjir yang dialami, Rabu (19/6/2019).

“Pemulihan trauma adalah salah satu prioritas agar warga yang menjadi korban bisa ceria kembali. Salah satu yang kita berikan adalah penguatan iman dan ruhaniyah pengungsi dengan pendekatan al-Qur’an,” kata Yayat Hidayat, Ketua LAZIS Wahdah Sulawesi Tenggara, dalam rilis yang dikirimkannya.

Dia menyebut, pemulihan trauma dilakukan oleh empat orang dai. Para dai memberikan nasehat kepada warga dengan mengutip beberapa dalil dalam al-Qur’an.

Yayat menyatakan, bencana banjir bandang menimbulkan trauma mendalam kepada para korbannya, terutama bagi anak-anak, apalagi banyaknya warga yang kehilangan rumahnya akibat terseret banjir.

“Kita tidak ingin ada trauma yang membekas, makanya cara ini kami tempuh,” tuturya.

Pendekatan dengan al-Qur’an sengaja dilakukan agar pengungsi bisa merenung bahwa bencana ini adalah ujian. Yayat juga menegaskan bahwa program ini akan terus dikawal hingga situasi di Konawe Utara benar-benar pulih.

“LAZIS Wahdah sudah diberi mandata oleh Bupati dalam penanganan psikososial dan trauma helaing pengungsi. Kemarin kita sudah berbincang-bincang dan beliau berharap banyak kepada Wahdah dan tim,” sambungnya. []

 

#laziswahdah #wahdahislamiyah #wahdah #sedekah #zakat #muslim #mudahsedekah #ayosedekah #tarbiyah #banjirkonawe #banjirsultra #sulawesitenggara #berkahpeduli #wahdahpeduli #sedekahplus

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: