DPW DKI Jakarta dan Depok

Seru, Begini Cara  Wahdah dan KWQA  Dekatkan Al-Qur’an Kepada Masyarakat

0 117
Ilustrasi: Santri Penghafal Al-Qur’an

(Soreang) wahdahjakarta.com -, Wahdah Islamiyah (WI) bekerjasama dengan Komunitas Wakaf Qur’an (KWQA) Adventure (WQA) menyelenggarakan Camping Qur’an di Madarikul Huda Kampung Cigoong RT 02 RW 05 Desa Mekarsari, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu-Ahad (15-16/12/2018).

Kegiatan camping dimaksudkan untuk mengajak masyarakat Desa yang awalnya malas untuk membaca al-Qur’an kemudian diajak untuk ikut dalam kegiatan tersebut utamanya bagi usia remaja.

Menurut Ketua KWQA Jawa Barat, Irfan Cahaya G, lembaganya  merupakan komunitas sosial yang memiliki cita-cita dan harapan tinggi untuk mewujudkan visi dan misi mendekatkan masyarakat kepada al-Qur’an.

“Beberapa proyek yang kami selenggarakan bernuansa islami, adapun beberapa kegiatan yang telah kami jalankan yakni penyebaran al-Quran, sharing metode menghafal al-Quran dan terapi hijama. Komunitas ini memiliki sejuta harapan untuk membangun masyarakat yang agamis dipelosok negeri,” ujarnya.

Beberapa rangkaian kegiatan yang diusung seperti Qur’an Camp, Tabligh Akbar, Tebar Al-Qur’an dan Memanah.

“Jadi kita disini semacam tadabur alam. Tapi kami kemas sedemikian rupa agar menarik sehingga kegiatannya tidak membosankan,” imbuhnya menjelaskan.

Ia mengharapkan kegiatan ini memberikan motivasi untuk mengisi aktivitas pada  hari-hari selanjutnya dengan aktivitas kebaikan.

Kegiatan Qur’an Camp adalah program pembelajaran al-Qur’an secara intensif. Selama dua hari para peserta akan diajak untuk berinteraksi lebih dekat dengan al- Qur’an. Target utama yang hendak dicapai dalam kegiatan ini adalah bertambah dan terjaganya hafalan al-Qur’an para peserta. Namun program khusus tahsin diberikan sebelum para peserta mulai menghafal.

Selain menghafal dan melaksanakan muroja’ah, para peserta juga akan mendapatkan beberapa motivasi dan pelatihan teknik menghafal dengan baik dan benar sehingga kedepan, akan lebih banyak lagi generasi muda di tiap Desa se Jawa Barat yang mencetak hafizh dan hafizah.

Para peserta selain fokus menghafal dan memperdalam ilmu agama, mereka juga melakukan aksi bersih-bersih masjid.

“Alhamdulillah kami bersyukur atas adanya program Qur’an Camp ini, kami berharap program ini menjadi berkesinambungan tidak hari ini saja, dan terimakasih sudah memberikan kami al-Qur’an,” kata Baban, salah seorang tokoh masyarakat yang hadir.

Donasi program wakaf al-Qur’an anda dapat dikirim ke Rek.759 900 900 5 Bank Mandiri Syariah a.n. Lazis Wahdah Wakaf. Untuk amanah pencatatan tambahkan angka 380 di belakang nominal donasi anda, contoh : Rp. 2.000.380, konfirmasi transfer via WA/SMS ke 085315900900. []

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: