DPW DKI Jakarta dan Depok

Shalat Tarwih Bersama Imam Hingga Selesai

0 190

Selain puasa, amalan yang sangat dianjurkan pada bulan Ramadhan adalah melaksanakan qiyam ramadhan yang dikenal pula dengan sebutan  Shalat Tarwih. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan bahwa Qiyam Ramadhan ini hukumnya sunnah,sebagaimana dalam sabdanya;

إِنَّ اللَّهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى فَرَضَ صِيَامَ رَمَضَانَ عَلَيْكُمْ ، وَسَنَنْتُ لَكُمْ قِيَامَهُ ، فَمَنْ صَامَهُ وَقَامَهُ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا ، خَرَجَ مِنْ ذُنُوبِهِ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ “

Sesungguhnya Allah Tabaraka wa ta’ala mewajikbkan kepada kalian puasa Ramadhan dan aku mensunahkan kepada kalian qiyamnya (shalat tarwih), maka barang siapa yang berpuasa dan melakukan shalat tarwih karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka ia keluar dari bulan Ramadhan tanpa dosa sebagaimana ketia ia dilahirkan oleh ibunya”. (HR. Nasai).

Shalat tarwih dianjurkan dilaksanakan secara berjama’ah, sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan dihidupkan kembali oleh Amirul Mu’minin Umar bin Khathab radhiyallahu ‘anhu.

Ketika mengikuti shalat Tarwih hendaknya mengikuti shalat berjama’ah sampai imam selesai. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjanjikan keutamaan shalat semalam penuh bagi yang shalat malam/tarwih bersama Imam sampai selesai.

 مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةٍ

Siapa yang shalat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.” (HR. An Nasai no. 1605, Tirmidzi no. 806, Ibnu Majah no. 1327, Ahmad dan Tirmidzi.)

Oleh karena itu hendaknya seseorang melaksnakan shalat tarwih sampai selesai agar mendapatkan keutamaan yang dijanjikan oleh Nabi dalam hadits di atas.

Jika ingin bangun di akhir malam melaksanakan shalat Tahajud, maka tidak masalah. Namun tidak perlu witir, karena Nabi melarang dua witir dalam satu malam. Wallahu a’lam. (sym).[].

===

Sukseskan Program Berkah Ramadhan Bersama LAZIS Wahdah:

Tebar Mukena Nusantara

Bahagiakan dhuafa dengan mukena baru untuk menambah semangat dalam beribadah

(Rp.200.000/paket)

 

Cara Berdonasi

1).Transfer Donasi melalui Bank Syariah Mandiri (BSM) norek: 773 800 8008 a.n. Lazis Wahdah Jakarta Sedekah (Kode Transfer ATM Bersama: 451).

2).Konfirmasi Transfer Donasi melalui WA/SMS ke +628119787900, ketik : BR/Nama/Alamat/Nama Program/Jumlah Donasi beserta photo bukti transferan.

 

💌 LAZIS Wahdah “Melayani dan Memberdayakan”

 

#laziswahdah #wahdahislamiyah #wahdah #sedekah #zakat #posternasihat #nasihat #selfreminder #quotes #muslim #mudahsedekah #ayosedekah #tarbiyah #ramadhan #berkahramadhan #berkah #MarhabanYaRamadhan #ramadhan1440

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: