Tertarik Dakwah Sejak SD, Begini 3 Tantangan Dan Kendalanya Bagi Yusuf

0 120

DEPOK–Aditya Muhammad Yusuf (23) atau yang akrab disapa dengan Yusuf adalah da’i muda yang mendapat support dari WIZ (Wahdah Inspirasi Zakat). Ia berasal dari Buol, Sulawesi Tengah yang sejak November 2021 memulai pengabdian dakwah di Depok, Jawa Barat setelah lulus dari STIBA (Sekolah Tinggi Islam dan Bahasa Arab) tahun 2020.

Yusuf merupakan anak pertama dari 3 bersaudara yang berasal dari keluarga sederhana, dan sudah tertarik dengan dunia dakwah sejak SD. Keluarganya selalu mendukung usahanya dalam berdakwah.

Yusuf mengungkapkan alasan ketertarikannya dalam dunia dakwah karena menurutnya ummat Nabi Muhammad shalallahu a’laihi wa salam itu harus berdakwah.

“Tertarik dengan dunia dakwah karena
ummat Muhammad harus berdakwah,” ungkapnya kepada WIZ Jakarta, Selasa (28/12/21).

Lebih lanjut, Yusuf mengaku terkesan dalam berdakwah karena ia bisa mendapatkan banyak saudara dan sejauh ini respon masyarakat terhadap dakwahya cukup baik.

Namun tidak sedikit juga tantangan dan kendala yang harus dilalui oleh Yusuf.

Berikut 3 tantangan bagi Yusuf ketika terjun di dunia da’wah :
1) Kemajuan IPTEK (yang terus dinamis)
2) Banyaknya permintaan fatwa dari ummat.
3) Banyaknya fitnah-fitnah tentang dakwah sunnah

“Tantangan-tantangan dalam berdakwah di era ini yaitu dengan majunya perkembangan IPTEK maka seorang da’i juga perlu menyesuaikan diri dari berbagai sarana dakwah yang baru, banyaknya permintaan-permintaan fatwa dari ummat membuat da’i perlu banyak maklumat, banyaknya fitnah-tentang tentang dakwah sunnah,” jelas Yusuf.

Selain tantangan-tantangan dalam berdakwah, Yusuf mengaku yang menjadi kendala utama itu terletak pada kurangnya ilmu seorang da’i dan harus diatasi dengan lebih banyak belajar.

“Yang menjadi kendala utama dalam berdakwah adalah kurangnya ilmu dan mengatasinya dengan lebih banyak belajar,” lanjutnya.

Selama berdakwah di Depok hingga sekarang, Yusuf sudah melaksanakan beberapa program dakwah yaitu Dirosa (Pendidikan Al Quran Untuk Orang Dewasa), TPA (Taman Pendidikan Quran), dan Halaqoh Tahsin. [rsp]
**

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.