DPW DKI Jakarta dan Depok

Tiga Orang yang Do’anya Tidak Tertolak

0 470

Ada tiga orang yang tidak tertolak do’anya, sebagaimana dikabarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits shahih yang diriwayatkan Imam Tirmidzi dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

ثلاثة لا تُرَدُّ دَعْوَتُهُمْ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حِينَ يُفْطِرُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ يَرْفَعُهَا فَوْقَ الْغَمَامِ وَتُفَتَّحُ لَهَا أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَيَقُولُ الرَّبُّ عَزَّ وَجَلَّ وَعِزَّتِي لأَنْصُرَنَّكِ وَلَوْ بَعْدَ حِينٍ  رواه الترمذي (2525) ، وصححه الألباني في “صحيح الترمذي” (2050)

“Ada tiga yang do’anya tidak tertolak; pemimpin yang adil, orang yang berpuasa hingga ia berbuka puasa, dan do’a orang yang terdzalimi, Allah mengangkat doanya sampai di atas awan dan dibukakan pintu-pintu langit untuknya, dan Allah berfirman : Demi keagungan-Ku, Aku benar-benar akan menolongmu meskipun tidak serta merta.” (HR. Tirmidzi (2525) dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan Tirmidzi (2050)

Hadits ini menunjukan, orang –orang yang disebutkan dalam hadits di atas memiliki do’a yang maqbul dan mustajab. Karena Nabi mengabarkan, do’a mereka tidak tertolak.

Pemimpin yang Adil

Manusia pertama yang do’anya tidak tertolak yang disebutkan Nabi dalam hadits di atas adalah al-imam al-’adil (pemimpin yang adil). Pemimpin adil yang dimaksud adalah pemimpin yang dipilih dan dibaiat oleh rakyatnya sebagai pemimpin  serta menunaikan tugas dan tanggung jawab mengurus rakyatnya dengan penuh amanah dan tanggung jawab.

Syekh Utsaimin berkata, “Pemimpin yang adil adalah pemimpin yang adil terhadap rakyatnya, dan tidak ada keadilan yang lebih lurus dan lebih wajib melebihi berhukum dengan syari’at Allah, Inilah pemimpin yang adil. Karena Allah Ta;ala berfirman, “Sesungguhnya Allah menyuruh kalian berbuat adil dan berbuat baik”. (Qs. An-Nahl:9), maka barang siapa yang memerintah rakyatnya bukan dengan syariat Allah maka ia tidak berbuat adil”.

Pemimpin yang adil memiliki peluang do’a yang maqbul dan mustajab di sisi Allah. Hal itu disebabkan oleh (setelah rahmat Allah) khidmat dan pelayanannya yang besar kepada masyarakatnya. Karena dengan keadilannya dalam memerintah urusan rakyat dan masyarakatnya menjadi mudah dan lancar. Dengan keadilannya dalam memerintah tercipta kebaikan dan kesejahteran serta keamanan. Dengan keadilannya dalam menunaikan amanah yang diembannya kemaslahatan terwujud dan kerusakan tersingkirkan. Keadilannya menjadi sebab tegaknya kebenaran (al-haq) dan lenyapnya kebatilan.

Dalam hadits lain Nabi mengabarkan pula, pemimpin yang adil termasuk salah satu dari tujuh golongan manusia yang akan mendapatkan naungan dari Allah di padang mahsyar. Pada hari itu tidak ada naungan melainkan naungan dari Allah. Salah satu yang berhak mendapatkan naungan itu adalah pemimpin yang adil.

Orang yang Berpuasa

Orang yang berpuasa memiliki peluang dikabulkan do’anya, khususnya do’a yang dipanjatkan saat berbuka. Sebagaimana dikabarkan Nabi dalam hadits lain;

“إنَّ للصَّائم عند فِطْرِه دعوةً ما تُرَدُّ”

“Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa pada saat berbuka terdapat kesempatan berdo’a yang tidak tertolak”, (HR. Ibnu Majah).

Oleh karena itu waktu yang utama ini hendaknya dimanfaatkan oleh orang yang berbuka puasa. Waktu berbuka hendaknya tidak hanya sibuk menyiapkan menu buka puasa. Persiapan buka puasa sebaiknya disiapkan lebih awal, agar ada waktu luang yang cukup untuk berdo’a menjelang maghrib. Jangan sampai sedang sibuk menyiapkan buka puasa, atau sedang di jalaanan mencari makanan/minuman buka puasa adzan maghrib berkumandang. Hendaknya tidak sibuk dengan hal lain yang sia-sia yang menyebabkan kehilangan momentum terkabulnya do’a ini.

Selain berdo’a waktu jelang buka puasa juga dapat dimanfaatkan membaca Al-Qur’an dan atau berdzikir dan berdo’a, khususnya dzikir petang. Karena waktu terkabulnya do’a bagi orang yang berpuasa tidak terkhsus saat berbuka saja. Tapi berlaku umum, sebagaimana diterangkan dalam hadits lain.

ثلاث دعوات مستجابات : دعوة الصائم ، ودعوة المظلوم ودعوة المسافر

“Ada tiga do’a yang mustajab, do’a orang yang berpuasa, do’a orang yang terdzalimi, dan do’a musafir”.

Orang Yang Terdzalimi

Yang ketiga yang disebutkan oleh Nabi dalam hadits di atas adalah orang yang terdzalimi atau teraniaya. Hal ini bisa menjadi motivasi bagi orang yang terdzalimi untuk bersabar menghadapi kedzaliman yang menimpanya. Dimana pertolongan Allah dekat kepadanya. Bagaimanapun lemahnya posisi orang yang terdzalimi hendaknya ia menyerahkan urusannya kepada Allah dengan mengangkat kedua tangannya menengadahkan wajahnya serta menghadapkan hatinya kepada Allah, mengadukan segala kedzaliman yang dialaminya kepada yang maha mengabulkan do’a.

Hal ini sekaligus menjadi peringatan bagi mereka yang selalu berikap dzalim dan aniaya kepada sesama. Agar berhati-hati dan waspada. Jikalau orang terdzalimi kehilangan kesabaran, lalu mengadukan kedzaliman yang dialaminya kepada Allah. Maka saat itu Allah mengabulkannya. Karena tidak ada hijab antara do’a orang yang terdzalimi dengan pertolongan Allah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengingatkan hal ini;

(اتق دعوةَ المظلوم؛ فإنه ليس بينها وبين الله حجاب))؛ (مسلم

“Takutlah terhadap do’anya orang yang terdzalimi, karena tidak ada jijab (penghalang) antara dia dengan Allah”. (HR. Muslim).

Bahkan sekalipun yang terdzalimi tersebut orang kafir dan musyrik yang tidak beriman, ketentuan ini tetap berlaku. Bahwa orang kafir yang terdzalimi do’anya terkabul di sisi Allah. Sebagaimana disampaikan oleh Nabi;

دعوة المظلوم مستجابة، وإن كان فاجرًا ففجورُه على نفسِه

“Do’a orang yang terdzalimi mustajab, meskipun fajir (jahat), karena kejahatannya untuk dirinya sendiri”.

Jika hal ini berlaku umum bagi siapapun yang terdzalimi, tentu lebih-lebih bagi orang yang beriman dan bertakwa. Orang beriman dan bertakwa yang terdzalimi memiliki do’a maqbul di sisi Allah. Karena itu hati-hati mendzalimi sesama. (sym)[]

 

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: