DPW DKI Jakarta dan Depok

Wahdah Peduli Gelar Pelatihan Tanggap Darurat Bencana di Bone

0 83

(Watampone) Wahdahjakarta.com– Wahdah Peduli, lembaga kemanusiaan yang berada di bawah naungan Ormas Wahdah Islamiyah (WI) bersama LAZIS Wahdah melaksanakan Pelatihan Tanggap Darurat Bencana, di Aula Kantor ASDP Cabang Bajoe Kabupaten Bone, Sabtu (30/03/2019).

Sebanyak 45 peserta yang merupakan kader Wahdah Islamiyah daerah Bone, Sinjai dan Wajo mengikuti pelatihan yang digelar selama dua hari ini, mulai Sabtu (30/03/2019) hingga Ahad (31/0 3/2019).

Pelatihan ini dibuka oleh Wakil Bupati Bone, Haji Ambo Dalle, yang dihadiri pula oleh beberapa pejabat pemerintah kab. Bone, antara lain General manager PT. ASDP Kab. Bone, Kepala BPBD Kab. Bone, Kepala Pos Pencarian dan Pertolongan BPBD Kab. Bone, serta Ketua Dewan Pimpinan Daerah WI Bone dan Ketua DPW WI Sulsel.

Dalam sambutannya, Ambo Dalle menyampaikan, selama ini Wahdah Islamiyah memiliki kepedulian yang luar biasa di beberapa bencana alam yang terjadi di Indonesia.

“Tahun 2018 lalu ada di Lombok. Tak lama kemudian ada lagi di Palu, Sigi dan Donggala, serta daerah bencana lainnya. Selalu saya dapati di daerah-daerah tersebut. Maka memang sudah luar biasa pengabdiannya,” tutur dia.

Dia juga mengapresiasi pelatihan yang dilaksanakan oleh Wahdah Peduli (WP) Ini. Menurut dia, apa yang dilakukan hari ini oleh WP akan memiliki banyak manfaat.

“Setiap saat jika dibutuhkan akan selalu siap untuk melakukan pertolongan. Terutama bisa bekerjasama dengan unit-unit kebencanaan yang telah kami bentuk disetiap daerah di kabupaten Bone,” ujar dia.

Maka dari itu, lanjut Ambo Dalle, dengan adanya kader Wahdah Islamiyah yang sedang dilatih, maka masyarakat, khususnya Pemerintah daerah akan sangat terbantu.

“Jika praktik nanti, utamakan keselamatan. Harus ada SOP, agar suatu saat nanti bukan justru kita yang diselamatkan,” pesannya.

Ketua IKA STKIP Muhammadiyah Bone itu juga berharap agar Wahdah Islamiyah bisa membantu Pemerintah Daerah untuk mengajak Masyarakat menjaga lingkungan Bone yang asri, bersih dan sejuk.

“Semoga Wahdah Islamiyah bisa masuk dalam sosialisasi program Pemerintah daerah. Diantaranya adalah survei keberadaan jamban keluarga, pengolahan sampah organik dan anorganik utamanya sampah plastik di perairan pesisir Bone, tidak merokok pada sembarang tempat, dan program lainnya,” tukasnya.

“Utamanya sosialisasi program-program ini di sekolah-sekolah, dan kami harapkan bisa melalui mimbar Dakwah Wahdah Islamiyah, termasuk ke desa-desa se kabupaten Bone,” tambahnya. (rls)

Tinggalkan komentar Anda dengan kata-kata yang sopan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: