Berita Selengkapnya

Tarbiyah Gabungan DPW Wahdah Islamiyah Jakarta - Banten - Jawa Barat: Memperkokoh Silaturahmi dan Mendalami Gerakan Sejuta Dai

09 Feb 2024

Depok, wahdahjakarta.com - Dalam rangka mempererat tali silaturahmi antara kader Wahdah Islamiyah wilayah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, DPW Wahdah Islamiyah Jakarta melalui Departemen Kaderisasi menggelar acara Tarbiyah Gabungan yang berlangsung meriah dan penuh makna kemarin tanggal 8 Februari 2024 di Wisma Hijau, Kota Depok. Kegiatan ini dihadiri oleh para kader dari ketiga wilayah tersebut baik dari kalangan ikhwa maupun akhwat, yang bahu-membahu memperdalam pemahaman agama dan memperkuat jalinan ukhuwah islamiyah.

Salah satu poin penting dalam kegiatan ini adalah pengarahan mengenai Gerakan Sejuta Dai, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk menyebarkan dakwah dan nilai-nilai Islam secara luas dan berkelanjutan. Para ustad yang hadir memberikan pandangan dan strategi dalam menggalang gerakan ini, mengajak seluruh kader untuk bersatu dan berperan aktif dalam menyebarkan kebaikan.

Acara tersebut diisi dengan serangkaian ceramah dan nasehat dari beberapa ustad terkemuka yang memberikan wawasan dan pemahaman yang mendalam tentang ajaran Islam dan tanggung jawab sosial seorang muslim. Para peserta pun antusias mengikuti setiap sesi, bertukar pikiran, dan memperdalam pengetahuan agama. Tarbiyah gabungan ini dipandu oleh moderator Ustad Anas Muhammad Syukur, ML,S.P.D.i.,Lc. yang juga memegang amanah sekretaris di DPW Wahdah Islamiyah DKI Jakarta.


Diawal sesi dibuka oleh Syekh Hasan Bugis Hafidzahullah dan dibawakan dalam bahasa Arab. Adapun penterjemahnya adalah Ustad lham Jaya Abd.Rauf, Lc.,M.H.I. , Ketua DPW Wahdah Islamiyah Jakarta. Syeikh Hasan dalam tausiahnya mengatakan bahwa Dakwah adalah pekerjaan sekaligus Misi utama dari Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam yang beliau tekuni dan jalankan hingga akhir hayatnya. Kita bisa meneladani beliau dengan menjadikan juga dakwah sebagai misi utama yang kita tekuni hingga ajal menjemput.


Yang istimewa adalah tarbiyah gabungan ini dihadiri oleh Pimpinan Umum Wahdah Islamiyah, Ustad  Dr. KH. Muhammad Zaitun Rasmin, Lc., M.A.  Dalam tausiahnya, Beliau memberikan semangat agar seluruh kader tetap istiqomah di jalan dakwah. Termasuk dengan program Gerakan Sejuta Dai, beliau juga memberikan semangat agar seluruh elemen memaksimalkan suksesnya program Gerakan Sejuta Dai ini. Beliau juga memberikan pengarahan terkait dengan pemilihan presiden yang akan dilaksakanakan pada tanggal 14 februari 2024 mendatang. Ustad Zaitun  menyampaikan agar tidak ada kader yang golput dan harus menggunakan hak pilihnya.


Acara ini turut dihadiri oleh Ketua Dewan Pengurus Harian DPP Wahdah Islamiyah, Ustad Dr. H. Rahmat Abdul Rahman, Lc., MA. Beliau juga memberikan tausiah kepada peserta tarbiyah gabungan. Ustad Rahmat menyoroti salah satu agenda penting dari wahdah islamiyah yaitu Gerakan Sejuta Dai. Beliau menyampaikan bahwa kita mengharapkan semua mutarobbi diseluruh halaqah agar ikut berpartisipasi dalam menggerakkan kegiatan ini dan bukan hanya naqib dan murobbih saja. Tak lupa ustad Rahmat memberikan motivasi agar seluruh kader memperkuat ukhuwah islamiyahnya.


Selain itu, dalam kesempatan yang sama, juga disampaikan tentang pentingnya partisipasi dalam pemilihan presiden Indonesia yang akan datang. Para narasumber menegaskan bahwa keterlibatan politik adalah kewajiban bagi setiap warga negara yang dewasa dan berkompeten dengan mengutamakan pemilihan pemimpin yang memiliki integritas, keadilan, dan kemampuan untuk memimpin dengan bijaksana.


Ketua DPW Wahdah Islamiyah Jakarta, Ustad lham Jaya Abd.Rauf, Lc.,M.H.I. , menyampaikan apresiasi atas partisipasi yang aktif dari para kader dalam kegiatan ini. "Bismillah Tarbiyah gabungan kemarin adalah kesempatan bagi seluruh kader untuk silaturahmi dan melepas Rindu sesama Dai dan mubaligh. Tentunya kegiatan yang bersifat offline memiliki banyak kekhasan yang berbeda seandainya kegiatan tersebut diselenggarakan hanya dalam bentuk online. Apalagi karena kegiatan kemarin melibatkan ikhwah dan akhwat sehingga dai-dai yang punya istri dapat datang bersama. Harapannya kegiatan-kegiatan seperti ini bisa betul-betul diperhatikan oleh kader wahdah Islamiyah dan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Hal yang penting dicatat dari kegiatan kemarin pertama adalah kegiatan gerakan sejuta Dai yang bertujuan untuk menciptakan tenaga-tenaga Dai yang pada gilirannya akan membawa kebaikan di lingkungannya masing-masing. Selanjutnya yaitu tentang pemilihan presiden yang tinggal menghitung hari yang harapannya akan benar-benar melahirkan pemimpin yang bisa mengayomi seluruh anak bangsa menuju kepada cita-cita kebangsaan bersama" ujarnya.


Ketua Panitia Tarbiyah Gabungan, Ustad Rajab Mar'am memberikan apresiasi atas antusias peserta yang hadir  "Sebagai ketua panitia, ana menyampaikan apresiasi atas partisipasi dan dukungan semua pihak dalam acara Tarbiyah gabungan ini. Dan kami sebagai panitia merasa terhormat bisa menjadi bagian dari penyelenggaraan acara yang begitu penting bagi lembaga kita. Harapannya kegiatan seperti ini tidak hanya menjadi ajang berkumpul dan berbagi, tapi jadi momentum untuk semakin mempererat tali ukhuwah kita dan mengkonsolidasikan gerakan dakwah kita agar dapat memberikan dampak yang semakin terasa bagi ummat" tuturnya.


Diharapkan, kegiatan semacam ini akan terus dilakukan secara berkala guna memperkuat persatuan dan kesatuan umat Islam, serta menjadikan para Dai sebagai agen perubahan positif dalam masyarakat.


Reporter : Akbar